Pemprov NTB Kucurkan 1 Miliar Untuk Perluasan Hutan Loang Gali

  • Ditulis oleh Zulfahmi
  • Kamis13 Dec 2012
    jam 22 : 26
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca611 x

LOMBOKita - Pemerintah Provinsi NUsa Tenggara Barat menggelontirkan bantuan sebesar Rp1 miliar untuk perluasan kawasan hutan Loang Gali yang terletak di Desa Lenek Ramban Biak, Kecamatan Aikmel.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Lotim, Najamuddin mengatakan saat ini perluasan lahan ini masih dalam tahap pembebasan lahan. Tim khusus yang dibentuk sedang melakukan pengkajian terkait taksiran harga lahan yang akan dibebaskan. Sehingga luas lahan yang dibebaskan disesuaikan alokasi dengan anggaran yang tersedia.

"Untuk sementara luas lahan yang bisa dibebaskan dengan alokasi dana dari Pemprov NTB ini bisa mencapai lima hektar. Saat ini, luas kawasan hutan di Loang Gali sekitar 8,5 hektar." terangnya, Kamis (13/12/2012).

Najamuddin mengatakan, perluasan kawasan hutan di Loang Gali dilakukan lantaran saat ini debit air di Loang Gali semakin berkurang. Hal ini disebabkan semakin kurangnya kawasan hutan di Loang Gali. Kawasan hutan di Loang Gali sebagian besar dimiliki perorangan. Setelah dibebaskan nantinya wilayah perluasan itu akan ditanami pohon.

“Untuk mengamankan kawasan hutan itu, salah satu caranya harus dibebaskan. Yang memanfaatkan air dari Loang Gali ini sangat banyak." ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Lenek Ramban Biak, Rumintang memberikan apresiasi kepada Pemprov NTB khususnya Gubernur NTB DR TGH M Zainul Majdi yang memberikan bantuan dana kepada Pemda Lotim untuk membebaskan kawasan di sekitar mata air di kawasan wisata Loang Gali.

Perluasan kawasan wisata Loang Gali ini sangat penting bagi warga untuk mengembangkan wisata hutan, dan yang terpenting sebagai sumber mata air petani se Kecamatan Aikmel.

"Kami berterima kasih atas realisasi kebijakan perluasan lahan kawasan wisata Loang Gali yang telah tetapkan oleh Pemprop NTB." tandas Rumintang.

Rumintang menambahkan, kawasan hutan Loang Gali adalah kawasan hutan wisata dengan sumber mata air sangat penting bagi warga di Kecamatan Aikmel, khususnya untuk kepentingan irigasi dan air bersih. Bahkan, sumber air ini juga yang juga dialirkan untuk keperluan air bersih di kawasan Ponpes Syeikh Zainuddin NW Anjani.


"Kebiajakan Gubernur ini sangat tepat dan responsif demi kelanjutan kawasan hutan Loang Gali." tegas Rumintang. (tih)