Mandalika Air Terbakar, 3 Penumpang Meninggal

  • Ditulis oleh Bohari
  • Kamis11 Apr 2013
    jam 20 : 03
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca1151 x

LOMBOKita – Untuk menekan dan mencegah terjadinya kecelakaan kebandarudaraan, PT Angkasa Pura melakukan simulasi kecelakaan pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL), Kamis (11/4/2013).

Dalam kecelakaan pesawat Mandalika Airlines tersebut terjadi sekira pukul 10.15 Wita, menyebabkan 30 orang luka ringan, 15 orang luka berat serta 3 orang meninggal dunia. 

“Penumpang yang berhasil diselamatkan ada 137 orang,” jelas General Manager PT Angkasa Pura BIL, Pujiono ketika ditemui LOMBOKita usai simulasi yang dihadiri jajaran pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.  

Pesawat airbush jenis EA320 dengan nomor penerbangan MLK223 tersebut rencananya akan terbang menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, membawa sekitar 185 penumpang yang didalamnya terdapat dua orang tahanan negara.

Pujiono menegaskan, pesawat Mandalika Airlines terpaksa melakukan pendaratan karena setelah terbang dengan ketinggian 18.000 kaki, sang pilot merasakan kejanggalan pada sayap kanan pesawat. 

“Beruntung pilot segera memutar arah kembali ke BIL untuk melakukan pendaratan darurat, sehingga pesawat meledak dan terbakar beberapa saat sampai BIL,” jelas Pujiono. (ari)