Kantor Perpustakaan Bangkitkan Minat Baca Kalangan Pelajar

  • Ditulis oleh fitriani
  • Selasa4 Jun 2013
    jam 14 : 42
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca293 x

LOMBOKita — Kepala Kantor Perpustakaan Kota Mataram, Siti Miftahayatun prihatin dengan semakin menurunnya angka kunjungan kalangan pelajar ke perpustakaan.

Menurutnya, akibat perkembangan teknologi yang makin maju telah membawa dampak cukup besar pada minat baca masyarakat.

‘’Belakangan angka kunjungan ke perpustakaan makin lama menurun. Setelah ditelaah, hal itu terjadi karena kecenderungan guru memberi tugas yang harus dicari referensinya melalui internet,’’ kata wanita berkacamata ini, Selasa (4/6/2013).

Untuk membangkitkan minat baca, Miftah meminta pihak sekolah mengajak siswa-siswinya kembali mengunjungi perpustakaan. Kepala sekolah disarankan membuat program kunjungan ke perpustakaan secara bergiliran kepada siswa didiknya.


Kantor Perpustakaan Kota Mataram telah melakukan pengembangan pelayanan dengan mengaktifkan kembali perpustakaan yang berada di Taman Sangkareang. Selain juga menjalankan program perpustakaan keliling setiap minggu pagi di Jalan Udayana pada saat car free day. “Bulan depan kami akan membuka satu perpustakaan lagi di Jalan Udayana, di sebuah gedung kecil dekat mushola Jalan Udayana,” kata Mifta.

Selain itu, Kantor Perpustakaan Kota Mataram juga menggelar penilaian perpustakaan sekolah terbaik tingkat SMP/MTs. Hasilnya, MTsN 2 Mataram meraih juara pertama perpustakaan sekolah terbaik. Disusul juara kedua SMPN 13 Mataram, dan juara ketiga SMPN 10 Mataram. Juara harapan I SMPN 14 Mataram, harapan II diraih SMPN 11 Mataram, dan SMPN 16 Mataram sebagai juara harapan III.  (ari)