Dispenda Mataram Akan Kelola PBB

pajak

LOMBOKita - Mataram merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memprakarsai peralihan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi pajak pendapatan daerah. Peralihan ini membuat potensi pemasukan daerah menjadi semakin bertambah.

"Dengan peralihan ini kita harapkan terjadi loncatan besar peningkatan pendapatan serta pembangunan di Kota Mataram" kata Kepala Bidang Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Ahmad Fudholi saat  penandatanganan berita acara serah terima aplikasi basis data PBB-P2 dan soft copy peta PBB antara Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat dan KPP Mataram Timur dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram Jum'at (4/1/2013).

Menurut Fudholi, peralihan pengelolaan PBB menjadi pendapatan daerah oleh Dispenda Kota Mataram selain memperpendek proses birokrasi juga diharapkan akan ada potensi kenaikan penerimaan pendapatan. Selama ini proses birokrasi yang panjang turut mempengaruhi minimnya pendapatan daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan (dispenda) Kota Mataram, Sakirin Hukmi menyambut baik adanya peralihan pengelolaan PBB menjadi pendapatan daerah.

"Dengan begitu pengelolaan semua potensi pajak yang ada di Kota Mataram bisa difokuskan dalam satu instansi, dukungan dari semua pihak, elemen masyarakat, sangat kita butuhkan demi kesuksesan program ini." ujar Sakirin. (bud)